Minggu, 10 November 2019

REVIEW WEBSITE GOODREADS

  WEBSITE GOODREADS




Wikipedia – GoodReads merupakan situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Sama seperti situs jaringan sosial lain, GoodReads mempunyai konten friend, group, maupun discussion. Bedanya, GoodReads memungkinkan anggota untuk menampilkan daftar buku sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read). Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review maupun komentar.

Jika kamu belum memiliki akun GoodReads, kamu cukup mengisi data diri berupa nama, alamat e-mail, dan password pada kolom yang sudah tersedia dan klik sign up. Atau kamu bisa sign in menggunakan akun Facebook, Twitter, Gmail, atau akun Amazon yang kamu punya. Tapi, kalau kamu sudah memiliki akun Goodreads hal yang kamu harus lakukan hanyalah sign in, dan kamu sudah bisa menikmati fitur-fitur yang ada di GoodReads.

DESIGN WEBSITE

Dilihat secara keseluruhan, website GoodReads adalah website yang cukup menarik dan mudah untuk dioperasikan. Dari segi warna, GoodReads versi desktop lebih didominasi dengan warna putih dan sedikit sentuhan warna cokelat dan warna kuning emas di beberapa bagian. Cukup sederhana, namun tetap terlihat cantik.




Selain itu, dari pilihan bahasa yang digunakan di Website GoodReads adalah bilingual. Website GoodReads menyediakan lima bahasa, namun sayangnya belum tersedia bahasa Indonesia. Bahasa yang saat ini tersedia yaitu bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Perancis, Bahasa Jerman, dan Bahasa Italia.


Dari sisi layout, website GoodReads punya empat navigasi utama. Navigasi atas menampilkan informasi mengenai Home, My Books, Browse, dan Community. Navigasi kanan menampilkan informasi mengenai Notifications, My Group Discussion, Message dan Friends. Sedangkan navigasi dibawah menampilkan informasi-informasi seperti layaknya corporate website yakni profil perusahaan, karir, dan lain-lain.

Navigasi tersebut dan layout secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa website GoodReads sangat user friendly. Selain itu layout website GoodReads dalam pandangan profesional saya sangat memperhatikan faktor estetika dan tingkat keterbacaan.

ISI WEBSITE

Secara umum Goodreads versi desktop memiliki dua bagian utama. Yang pertama adalah Home, di bagian ini kita bisa mendapatkan informasi tentang buku apa saja yang sudah teman-teman kita baca, dan review yang mereka tulis mengenai suatu buku. Kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai aktivitas teman kita, misalnya saat mereka punya teman baru di GoodReads.




         
         Dan bagian kedua adalah My Books. Pada laman ini, kita bisa melihat daftar buku-buku yang yang telah kita baca, yang ingin kita baca atau buku yang sedang kita baca. Namun tentu saja bagian ini hanya menunjukkan daftar buku-buku bacaan pribadi kita. Jika ingin mengintip buku-buku apa saja sih yang dimiliki teman kita, kita bisa terlebih dahulu mengklik profil nya dan melihat shelves atau rak buku miliknya.



          
Seperti yang bisa kita lihat, di sebelah kiri atas terdapat Bookshelves atau rak buku yang dapat kita edit. Pada dasarnya, GoodReads hanya menyediakan tiga rak. Yaitu buku yang sudah dibaca (Read), buku yang sedang dibaca (Currently Reading), dan buku yang ingin dibaca (Want to Read). Namun kita bisa menambahkan rak sesuai dengan yang kita inginkan dengan cara mengklik kolom add shelf.

Setelah kita membaca suatu buku dan ingin memberi ulasan mengenai buku tersebut, bisa banget. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencari judul buku tersebut dan akan muncul profil mengenai buku tersebut.



         
Kamu bisa memberikan bintang 1-5 mengenai suatu buku yang sudah kamu baca, dan setelah itu jika kamu ingin menuliskan ulasannya juga bisa. Dengan menulis ulasan mengenai suatu buku, kamu bisa membagi informasi kepada orang lain yang ingin membaca buku suatu buku namun membutuhkan referensi terlebih dahulu mengenai buku tersebut, dan tentu saja ulasanmu sedikit-banyak membantu mereka, lho!

Kamu juga bisa mengatur pencapaian tahunan atau Reading Goals kamu loh, fellas!

Kolom Reading Challenge ada di fitur My Books dan kamu bisa mengatur berapa banyak buku yang kamu targetkan untuk dibaca dalam satu tahun. Dan untuk fitur pendukung lainnya, kamu bisa menentukkan genre apa saja yang menjadi kegemaranmu. Kamu juga akan mendapatkan rekomendasi buku-buku sesuai dengan genre favorit kamu! Juga, kamu bisa membentuk group bersama teman-teman di GoodReads untuk mendiskusikan suatu buku atau apapun itu. Menarik bukan?

Dan satu lagi fitur yang sangat menarik. Jika kamu telah selesai membaca buku yang baru terbit namun belum ada di katalog GoodReads, kamu bisa menerbitkan katalog buku tersebut, lho!

Caranya pun tidak sulit, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengetik judul buku tersebut di kolom pencarian.




Jika buku kamu belum terdapat di pangkalan data GoodReads, kamu bisa mengklik Manually add a book di bagian kanan atas.





Dan tampilan berikutnya yang akan muncul seperti ini. Kamu bisa mengisi kolom-kolom tersebut dengan melihat informasi-informasi tersebut pada bagian awal buku. Biasanya terdapat satu halaman khusus yang memuat informasi buku tersebut, dan untuk kolom deskripsi, kamu bisa menuliskan deskripsi buku yang terdapat di sampul belakang buku tersebut. Jika sudah, kamu perlu mengunggah foto kover buku yang sudah kamu unduh di google. Dan jika sudah, klik kolom Create a Book pada bagian bawah laman GoodReads. Dan katalog buku pun sudah terbit!

Dari sekian banyak fitur yang tersedia di GoodReads versi desktop, semuanya sangat ramah pengguna atau user friendly. Dan GoodReads juga bisa kamu unduh di App Store atau Play Store smartphone kamu! Namun untuk menambahkan katalog buku pada pangkalan data GoodReads, hanya bisa dilakukan pada via desktop. Meskipun demikan, kamu tetap bisa update info mengenai buku dimanapun dan kapanpun. Melalui telepon genggammu! Salam literasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar