Jumat, 11 Oktober 2019

Artikel 1

   BERSAHABAT DENGAN BUMI



Bumi adalah planet ketiga dari matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam tata surya. Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan sudah mulai muncul di permukaannya sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.
Jumlah penduduk bumi telah mencapai 7 miliar jiwa pada tanggal 31 Oktober 2011 dan diperkirakan akan mencapai 9.2 miliar jiwa pada tahun 2050. Dari keseluruhan permukaan bumi, hanya seperdelapan yang bisa dihuni oleh manusia. Sedangkan tiga per empatnya diselimuti oleh lautan. Dan sebagian besar sisanya adalah wilayah gurun, pegunungan tinggi, dan relief lainnya yang tak layak huni.

Dengan fakta bahwa populasi manusia yang kian meningkat tajam, keadaan bumi juga akan terpengaruh oleh padatnya penghuni bumi. Bersama telah kita rasakan sedikit banyak dari krisis iklim atau Global Warming belakangan ini. Bagaimana telah terjadi banyak gempa bumi, kebakaran hutan, kekeringan, dan iklim yang mulai tidak stabil.



Global Warming atau pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Dan apa sih penyebabnya?
Efek Rumah Kaca (The Greenhouse Effect)
Secara umum pengertian dari efek rumah kaca ini adalah naiknya suhu bumi yang disebabkan oleh adanya perubahan komposisi yang terdapat pada atmosfer. Hal itu menyebabkan sinar matahari tetap berada di bumi, dan sayangnya tidak dipantulkan dengan sempurna untuk keluar dari atmosfer tersebut.
Jika diartikan sesuai dengan proses dan akibat yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca, maka sebuah fenomena alam terjadi karena adanya pantulan dari sinar matahari yang telah melewati atmosfer bumi. Hal ini juga disebabkan oleh zat yang ada di permukaan bumi, namun parahnya fenomena yang satu ini dapat menyebabkan kerusakan atmosfer.
Penebangan dan pembakaran hutan, penggunaan bahan bakar fosil, pencemaran laut, industri pertanian, limbah industri dan tambang, limbah rumah tangga, industri peternakan dipercaya adalah penyumbang terbesar efek rumah kaca.

Dampak dari efek rumah kaca



1.      Perubahan iklim yang ekstrem
2.      Meningkatnya permukaan air laut
3.      Meningkatnya suhu global
4.      Gangguan ekologis
5.      Dampak sosial dan politik



Contoh efek rumah kaca
1.      Pemborosan listrik

2.      Penggunaan kendaraan bermotor


3.      Pembakaran sampah



Mulai bersahabat dengan bumi


Tuhan menciptakan alam semesta bukan tanpa tujuan, sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia juga  sebagai penduduk bumi untuk menjaga kestabilan keadaan planet ini. Kita telah mempelajari sedikit banyak tentang pemanasan global yang sedikitpun tidak memberi kita manfaat yang baik. Iklim yang tidak stabil juga salah satu masalah terbesar yang tengah kita hadapi. Apakah ini yang selamanya kita inginkan? Untuk memperbaiki secara menyeluruh tidak akan mudah, namun ada banyak hal hal kecil yang bisa kita lakukan untuk bumi kita, mencegahnya dari kerusakan yang lebih parah.
Mulailah cerdas dalam menggunakan listrik dan air. Bersahabat dengan bumi juga bisa dimulai dengan memilih kendaraan ramah lingkungan dan menggunakan transportasi umum. Karena transportasi umum lebih baik bagi kita dan bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar