Kamis, 11 Mei 2017

Cara Membuat Studio Rumah Dengan Anggaran Minim

CARA MEMBUAT STUDIO RUMAH DENGAN ANGGARAN MINIM


Apakah Sobat memiliki cita-cita untuk memiliki studio sendiri namun terkendala dengan modal? Tidak perlu pesimis karena yang Sobat butuhkan untuk memotret adalah ruangan yang tidak terlalu besar dan Sobat hanya membutuhkan beberapa peralatan dasar seperti kamera, backdrop, soft-box dan sedikit pencahayaan. Semoga Tips dalam artikel kali ini akan membantu Sobat untuk memecahkan masalah ini.


Foto diambil oleh Christopher Seufert
Ini yang harus Sobat lakukan jika Sobat sudah mempunyai ruangan kosong untuk Studio rumah:

1. Carilah Iklan Penjualan Peralatan Studio di Majalah/Koran Lokal
Carilah penjualan peralatan studio yang telah di upgrade untuk rumahan. Jangan lupa cek juga jika mereka menjual aksesoris lain seperti flash dan kabel sinkronisasi (sync).

2. Buat Backdrop (Latar Belakang) Sendiri
Sobat dapat membuat layar backdrop Sobat sendiri dengan biaya yang tidak terlalu mahal;
 Cari  kain Musin lalu potong ukuran  3×3 meter lalu warnai. Untuk backdrop yang tampak profesional carilah reverensi dari internet.
 Cari kain kanvas (ukuran seperti di atas) dan warnai itu, meskipun ini akan berat dan akan membutuhkan banyak pewarna, namun terhitung lebih murah jika Sobat membeli yang sudah jadi.
 Cari di eBay untuk melihat-liha jika ada yang menjual Backdrop dengan tawaran yang murah.

3. Gunakan Pencahayaan Alami
Yang paling sederhana, termurah (gratis) dan sumber pencahayaan terbaik adalah cahaya jendela yang alami. Memanfaatkan kain tipis (kain fual) untuk mendapatkan cahaya lembut yang menyebar atau memungkinkan cahaya langsung untuk mendapatkan efek yang lebih dramatis.

4. Membuat reflektor Sendiri
Sobat dapat membuat reflektor murah dari sepotong karton (sebuah kotak kardus tua), silver foil (kertas perak), kertas putih dan perekat semprot. Gunakan perekat semprot untuk menempelkan foil pada satu sisi kardus dan kertas putih untuk sisi yang lain dan sekarang Sobat memiliki reflektor sendiri :D. ini dapat digunakan untuk melakukan bouncing (pemantulan) cahaya dan dengan demikian bertindak sebagai cahaya kedua atau fill light.

5. Sobat tidak Perlu Menghamburkan Uang Untuk Membeli Lampu
Sobat tidak perlu pencahayaan yang mahal untuk men set-up studio rumah;
Cari Interfit gear, harganya cukup murah
Sekali lagi lihat di eBay untuk kit studio.
Sebuah set-up yang baik, Cobalah Nissin 340T kit. Ini terdiri dari dua flash hot-shoe, head unit utama dan head fill unit yang lebih kecil.

6. Beberapa Proyek Studio Rumahan yang Bisa Sobat Tackle sendiri
Berikut adalah beberapa saran untuk proyek-proyek Studio Rumahan;
Buat backdrop sendiri.
Buatlah sendiri reflektor bouncing.
Buatlah soft-box-dari kardus tua, silver foil, kain muslin dan perekat semprot.
Membangun sendiri sebuah meja still life.
Cari reverensi di internet mengenai Studio Fotografi Rumahan untuk mendapatkan lebih banyak ide.
Dengan berpikir kedepan Sobat dapat membangun sebuah studio rumah dengan  anggaran yang minim namun dengan perencanaan yang cermat.
Meskipun ini mungkin saja  bukan studio impian Sobat, tetapi dengan mempunya studio sendiri akan memungkinkan Sobat untuk berlatih dan mengasah keterampilan Sobat. Mudah-mudahan saja Dalam waktu dekat Sobat dapat meningkatkan teknik studio Sobat, dan mendapatkan beberpaa komisi dari hasil keringat Sobat yang mana penghasilan itu digunakan untuk untuk meng-upgrade set-up studio rumahan milik Sobat.


Sumber :https://weddingkumagazine.wordpress.com/2012/02/17/cara-membuat-studio-rumah-dengan-anggaran-minim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar